Berbicara bahasa Indonesia tidak lepas dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan langsung oleh Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional. Keduanya sangat penting bagi yang aktif dibidang tulis-menulis entah itu karya ilmiah atau penulisan blog sekalipun.

Dalam tulisan terdahulu membicarakan spesifik tentang bahasa sedangkan untuk saat ini berkaitan dengan ejaan suatu bahasa. Itu sebabnya pihak Kementrian Pendidikan Nasional menamai dengan sebutan Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Setelah mempelajari EYD ini, tentu akan semakin dapat menghadirkan tulisan-tulisan berkualitas. Meskipun begitu, fakta banyak sekali tulisan-tulisan yang bertebaran di internet yang notabene dari orang-orang berlatarbelakang akademisi kurang memperhatikan ejaan ini. Saya sendiri tidak menganggap orang yang paling mampu menghadirkan tulisan berkualitas, hanya saja kritik yang dilemparkan ini sebatas kritik konstruktif untuk semua, tidak terkecuali saya. Selamat belajar Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan ini dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Download: EYD th. 2000 | EYD th. 2009

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar