Tentu masih ingat dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) offline yang ada dalam tulisan terdahulu. Ternyata, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional itu ada beberapa entri yang terlewatkan.

Keterlewatan itu bukan karena salah penyusun akan tetapi kesalahan pada program sehingga ada bagian-bagian tertentu tidak dapat masuk atau keluar dari sistem. Berikut ini pernyataan Ketua Redaksi Pelaksana:

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat telah terbit bulan Desember 2008. Ketika kami (tim penyusun) membaca kembali kamus tersebut, ternyata terdapat beberapa lema yang tertinggal. Seharusnya lema tersebut tercantum dalam kamus. Hal itu terjadi karena kegalatan program sehingga lema tersebut keluar dari sistem. Sehubungan dengan lema yang tertinggal tersebut, kami tim penyusun kamus merasa bertanggung jawab untuk memasukkannya ke dalam kamus. Namun, karena kamus tersebut sudah terbit, kami mengunggah lema-lema tersebut lewat laman Pusat Bahasa agar masyarakat luas dapat mengunduhnya. 

Jakarta, November 2009
Tim penyusun kamus
Meity Taqdir Qodratillah
Ketua Redaksi Pelaksana

Jadi jangan galau tentang tidak masuknya beberapa entri dalam susunan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) itu, sebab Tim Redaksi telah memberikan tambahan dalam bentuk file PDF untuk diunggah secara gratis. Semoga bermanfaat.

Download: Lema Tertinggal KBBI

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar