Tahun 2012 ini tak henti-hentinya banyak sekali berlangsung Kontes SEO dengan hadiah yang lumayan menarik. Tak heran banyak para blogger tergiur hadiahnya dan mengikuti kontes-kontes SEO. Nah dari maraknya kontes SEO di Indonesia, ternyata Google telah memantau dan memberi peringatan terhadap para kontestan kontes SEO agar berhati-hati dalam mengikuti Kontes SEO yang ada. Lalu apa sih tujuan diadakan kontes SEO?

Di Indonesia Kontes SEO dijadikan sebuah cara untuk mempromosikan sebuah produk tertentu oleh produsennya. Dengan kata kunci yang telah ditentukan, lalu para kontestan ramai-ramai mereview produk tersebut. Hal ini menjadikan sebuah promosi gratis bagi penyelenggara, dan bisa mendongkrak penjualan produk dan menaikkan posisi websitenya karena banyaknya backlink yang mengarah kesana. Lalu apa peringatan dari Google tentang maraknya kontes SEO di Indonesia? simak kutipan status dari salah seoarang anggota Team WebSpam Google bernama Kaspar Szymanski di akun Google Plus miliknya.

Hati Hati...!!!! Kontes SEO Melanggar TOS Google Webmaster Guidelines
Sejak beberapa waktu yang lalu #Google #Search Quality telah mengamati kontes-kontes SEO di Indonesia. Kami menyadari beberapa kontes ini membahayakan bagi para website yang berpartisipasi. Kontes dengan kata kunci rill seperti “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” atau “Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik” terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google) [http://goo.gl/7tTe6 ]. Kami sudah mengambil tindakan secara manual sambil menunggu algoritma kami mulai beraksi. Saya sarankan para #webmaster yang menjaga baik-baik reputasi website nya untuk menghindari kontes-kontes semacam ini. Webmaster yang ingin melakukan perbaikan harus memastikan bahwa website mereka mematuhi Peraturan Webmaster Google terlebih dulu sebelum mengajukan rekonsiderasi [http://goo.gl/sGoku ].
SEO (Search Engine Optimization) pada awalnya ditujukan untuk meningkatkan online visibility dari sebuah website/weblog dengan kata kunci tertentu. Mesin pencari dalam hal ini google adalah sasarannya karena hampir semua orang menggunakan google untuk mencari informasi tertentu bahkan informasi yang amat spesifik sekalipun.
Nah dalam perkembangannya kemudian SEO ini diperlombakan. Tadinya untuk mencari tahu siapa webmaster yang paling jago mengoptimasi kata kunci tertentu. Kata kunci yang digunakan adalah kata kunci non riil alias tidak ada kaitannya dengan dunia nyata seperti: ”Sulumits Retsambew”, “redscowl bluesingsky“, “Oes Tsetnoc”, “loquine glupe“,  “Gogo2011 Kobamusaji”. Namun kontes SEO juga berkembang guna memasarkan produk atau jasa tertentu. Penyelenggara kontes menawarkan hadiah yang lumayan menggiurkan sebagai hadiah. Sebagai penyelenggara, mereka mendapatkan publisitas gratis, backlink dari mana-mana dan tentu saja hasil pencarian yang baik di mesin pencari.
Di lain pihak, peserta kontes SEO berupaya mati-matian mengoptimasi kata kunci yang diberikan penyelenggara. Kata kuncinya yah gak jauh-jauh dari produk atau jasa yang ditawarkan si pembuat kontes. Tidak jarang cara-cara spam dan black hat digunakan untuk kegiatan ini. Itu sebabnya wiki menulis demikian tentang kontes SEO:
This type of contest is controversial because it often leads to massive amounts of link spamming as participants try to boost the rankings of their pages by any means available.
Jika di translate ke Indonesia kurang lebih artinya: Jenis kontes adalah kontroversial karena sering menyebabkan sejumlah besar spamming link sebagai peserta mencoba untuk meningkatkan peringkat halaman mereka dengan cara apapun yang tersedia.
Inilah yang disorot oleh Google, khususnya di Indonesia ketika kontes SEO saat ini sedang marak-maraknya. Google mengatakan jika kontes SEO dengan kata kunci riil seperti: “Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang Dan Irit Jupiter Z1” melanggar TOS Google Webmaster. Kata kunci riil adalah kata kunci yang dipergunakan sehari-hari oleh pengguna umum dalam kehidupan nyata.
Mengapa Kata kunci riil tidak diperbolehkan dalam kontes SEO ? Karena kata kunci tersebut berpotensi besar menyesatkan para pencari informasi yang tidak ada hubungannya dengan kontes tersebut. Ambil contoh kata kunci “Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang Dan Irit Jupiter Z1”. Jika pak Wawan ingin membeli sebuah sepeda motor dan mencari di google dengan kata kunci “Sepeda Motor Bebek Injeksi” maka hasil pencariannya tetap akan dipengaruhi oleh kata kunci dari kontes SEO tersebut, mengingat peserta yang mengoptimasi kata kuncinya ada ribuan orang. Gak percaya? Coba saja anda googling dengan kata kunci contohnya ”Sepeda Motor Bebek Injeksi” , maka hasil penelusuran tersebut tidak akan jauh dari hasil kata kunci “Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang Dan Irit Jupiter Z1” betul bukan? itulah mangkanya kontes SEO bisa mengganggu hasil pencarian di google.
Coba sekarang anda bayangkan jika hasil pencarian ini mendominasi dari halaman 1 - 10 yang semuanya bercerita tentang kehebatan sebuah motor merek tertentu saja, bagaimana mindset konsumen bisa dipengaruhi hanya gara-gara kata kunci tersebut. Nah google gak mau yang seperti ini mendominasi hasil pencarian di laman mereka.
Saran Google adalah:
  • hindari kontes SEO yang melanggar TOS Google Webmaster Guidelines
  • penyelenggara kontes SEO tidak boleh menggunakan kata kunci riil
  • gunakan teknik-teknik white hat SEO untuk optimasi
  • tidak menggunakan segala cara terutama yang diharamkan Google (webspamming)
  • selengkapnya tentang Google Webmaster Guidelines, klik disini
Jadi apakah kontes SEO di Indonesia dilarang? Saya pikir tidak juga. Kontes-kontes SEO di masa depan tetap diperbolehkan asal ada pada jalur yang diinginkan oleh Google. Namun pasti ada saja penyelenggara yang coba-coba melanggar TOS ini. Karena itu perhatikan baik-baik kontes SEO apa yang anda ikuti jika tidak ingin ada masalah sama Google. Demikianlah sekedar info dari Mas GunKlaten Berbagi tentang Kontes SEO yang marak di Indonesia, Jangan sampai kita para Blogger diperbudak oleh kontes SEO jika kita tidak menang kita hanya mempromosikan produk mereka tanpa mendapat imbalan, dan bisa-bisa blog kita mendapat teguran dari google. Terimakasih. [http://gunklaten.blogspot.com].

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar